Rabu, 10 November 2010

HUBUNGAN ANTARA CARA MENDIDIK ANAK DAN PERKEMBANGAN SIFAT ANAK

Dewasa ini cara mendidik anak telah banyak sekali caranya antara lain, menggunakan kekerasan, menggunakan kasih sayang yang berlebihan, membebaskan seorang anak untuk melakukan sesuatu sesuai yang ia inginkan bahkan ada juga orang tua yang terlalu memanjakan anaknya hingga anaknya merasa bahwa semua yang ia inginkan selalu dituruti sehingga sang anak tidak mau berfikir bagaimana caranya mencari uang. Yang anaknya tahu hanya bagaimana cara meminta, hal ini yang sering sekali kita lihat dikalangan remaja saat ini, padahal efeknya sangat buruk bagi perkembangan sifat sang anak. Anak yang mendapatkan pendidikan yang diberikan oleh orang tuan yang seperti ini nanti pada saat ia dewasa pasti anak itu akan bermalas-malasan dan malas untuk bekerja keras, karena ia telah terbiasa dengan cara mendidik dari sang orang tua. Padahal seharusnya orang tua harus memberi batasan terhadap anaknya agar sang anak mampu hidup mandiri. Dengan kata lain cara mendidik yang demikian kurang memberi pengaruh positif terhadap sang anak.
Perkembangan sifat anak sangat dipengaruhi oleh cara mendidik anak dari sang oaring tua dari usia sedini mungkin, agar sang anak memiliki sifat yang mandiri. Selain itu anak juga harus diajarkan bagaimana cara mentaati peraturan, terkadang sang anak sangat merasa bingung apakah yang ia lakukan itu salah atau benar, karena anak tersebut kurang mendapat perhatian dari sang orang tua.
Orang tua yang baik bukan berarti harus selalu memenuhi semua keinginan anak akan tetapi orang tua yang baik adalah orang tua yang mampu mengajarkan kepada sang anak bahwa yang anak itu lakukan benar atau salah. Oleh sebab itu cara mendidik anak sangat erat hubungannya dengan perkembangan sifat anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar