Selasa, 28 Juni 2011

KEINDAHAN SUATU HAL ABSTRAK DAN BENDA YANG INDAH

Menurut The Liang Gie dalam bukunya “Garis besar estetika”. Menurut asal katanya dalam bahasa Inggris keindahan itu diterjemahkan dengan kata “beautiful”, dalam bahasa Prancis “beau”, sedang Italia dan Spanyol “bello” berasal dari kata latin “bellum”. Akar katanya adalah “bonum” yang berarti kebaikan , kemudian mempunyai bentuk pengecilan menjadi “bonnelum” dan terakhir diperpendek sehingga situlus “bellum”.

Menurut cakupannya orang harus membedakan antara keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dan sebagai benda tertenu yang indah. Untuk perbedaan ini dalam bahasa Inggris sering dipergunakan istilah beauty (keindahan) dan the beautiful (benda atau hal yang indah). Dalam pembatasan filsafat kedua pengertian itu kadang-kadang dicampuradukkan saja.

Dari penjelasan diatas masih belum jelas apakah sesungguhnya keindahan itu. Salah satu jawaban mencari ciri-ciri umum yang ada pada semua benda yang dianggap indah dan kemudian menyamakan ciri-ciri atau kualitas hakiki itu dengan pengertian keindahan. Jadi keindahan pada dasarnya adalah sejumlah kualitas pokok tertentu yang terdapat pada suatu hal. Kualitas yang paling sering disebut adalah kesatuan
(unity), keselarasan (harmony), kesetangkupan (symetry), keseimbangan (balance) dan perlawanan(contrast).

Sumber:

· Buku IBD, Universitas Gunadarma
· http://rizqymoorcy.wordpress.com
· http://reshairnia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar